Friday, January 05, 2007

FREE YOUR MIND IN 2007

Siang ini Oprah Winfrey Show benar-benar ngasih gue inspirasi untuk tahun 2007 ini. Ada anak cewek dari Ethiopia, namanya Anadech, yang saat ini tinggal di USA. Si Anadech ini terlahir di keluarga yang miskin. Suatu hari Anadech bermain di sekitar rel kereta api dekat rumahnya dan kakinya tersangkut di rel kereta itu. Akibatnya Anadech tertabrak kereta. Tangan kanan dan kaki kanannya harus diamputasi.

Setelah itu Anadech dibawa ke USA oleh seorang relawan kemanusiaan untuk proses penyembuhan lebih lanjut. Anadech kemudian ditempatkan di dalam satu keluarga disana selama proses penyembuhannya. Ternyata kemudian keluarga tersebut jatuh cinta pada Anadech dan mengadopsinya.

Sekarang Anadech berumur sembilan tahun. Dia sudah mahir menggunakan kaki palsunya untuk berjalan, berlari dalam pertandingan softball, bahkan berenang. Berenang! Can you imagine that? Gue aja waktu seumuran dia susah banget belajar berenang. Sampai guru renang gue jadi sedikit bete sama gue, hehehe… Sorry, MamJ
Sedangkan si cewek amazing ini berenang dengan hanya satu tangan dan satu kaki. Ikut lomba pula. Gila! Salut banget gue sama dia.

Anadech bilang dia ingin belajar melakukan segala sesuatu seperti layaknya orang normal dengan anggota tubuh lengkap. Dia tidak ingin dianggap lemah dan berbeda dari orang lain. Pemikiran yang dewasa untuk seorang anak seumur dia.

Gue banyak belajar dari si Anadech ini. Walau dia cuma muncul ga sampai setengah jam di TV, tapi udah benar-benar nonjok buat gue. Gue sering banget merasa takut melakukan sesuatu. Karena gue merasa ga sanggup lah, merasa malu dengan komentar orang, merasa takut gagal. Padahal… ya itu deh… gue belum nyoba sama sekali tapi udah takut duluan.

Sebenarnya segala ketakutan dan perasaan ga mampu gue ini kan berasal dari pikiran gue sendiri. Gue harus merubah cara berpikir gue, bahwa gue mampu melakukan semuanya, bahwa gue ga akan ragu untuk mencoba segala hal yang ada di muka bumi ini. Learning more new things! Doing more new things! Dan terutama tidak takut untuk gagal. Bebasin pikiran dari segala ketakutan dan gue bakal dapat lebih dari hidup ini. Hidup itu terlalu singkat!

No comments: