Wednesday, February 11, 2004

YOUTH FOR CHRIST

What is YFC? Banyak teman-teman yang mengasosiasikan YFC dengan nama resto fast food terkenal yang menjajakan fried chicken. Padahal sih, beda banget dan gak ada hubungannya sama sekali. Karena YFC ini
adalah singkatan dari Youth For Christ, yaitu suatu komunitas tempat ngumpulnya remaja dan anak muda yang suka have fun, jalan-jalan, nonton bareng, dll.

Walaupun teman-teman di YFC seneng dengan yang fun-fun, tapi fun yang clean, lho. Karena YFC adalah salah satu badan pelayanan Keluarga (Family Ministry) dari CFC (Couples For Christ) atau Pasukris dimana Pasukris adalah gerakan rohani komunitas Keluarga Katolik (bersifat internasional karena sudah tersebar di 109 negara) yang ingin mengangkat dan membangun keluarga Katolik yang mau melaksanakan karya pewartaan serta memenangkan dunia untuk Tuhan Yesus melalui kekuatan Roh Kudus.

YFC merupakan wadah bagi anak muda Kristiani yang ingin lebih mengenal Yesus. Komunitas ini berasal dari Philipina dan masuk Indonesia untuk pertama kali di Jakarta Timur, tepatnya di Paroki Santa Anna pada tahun 1995. Saat ini YFC telah memiliki sekitar 700 anggota di Indonesia dan tersebar di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Sragen, Weleri, Solo, Wonosari, Palembang, Manado, Bitung, Medan, Larantuka, Pangkal Pinang, dan Pelabuhan Ratu. Selain itu YFC juga sudah ada di Kampus Unika Atma Jaya, Jakarta.

Keanggotaan YFC terbuka untuk semua anak muda usia 15-24 tahun. Untuk menjadi anggota YFC haruslah mengikuti suatu program ini inisiasi yang disebut Youth Camp, yaitu suatu program yang memperkenalkan Yesus ke dalam hidup kita, mendorong kita untuk mengundang Yesus dalam kehidupan kita, dan mengundang untuk mendukung lingkungan YFC sebagai anggota yang aktif. Pembicaranya juga dari anak-anak muda sendiri, jadi apa yang disampaikan rasanya lebih gampang diterima dan diserap. Ada 4F yang ngebedain YFC dari komunitas muda mudi lainnya, yaitu Faith, Friendship, Freedom, Fun
(Clean Fun). 4F ini adalah ciri khas YFC.

Oleh karena itu, diantara kegiatan jalan-jalan bareng, nonton bareng, makan bareng (fellowship), YFC juga punya kegiatan yang namanya Household. Nah, dalam Household ini teman-teman bisa membahas ayat-ayat kitab suci sembari saling sharing dan curhat. Household ini tujuannya untuk saling menguatkan satu sama lain. Jadi kalo ada teman yang lagi ‘jatuh’, kita bisa tolong menolong. Karena terkadang ada masalah-masalah dimana kita merasa lebih enak untuk cerita dengan teman sebaya dibandingkan dengan orang tua. Nah, household inilah tempatnya. Selain itu di Household juga ada doa rosario, pengajaran mengenai topik rohani, sharing tentang topik tertentu (yang berkaitan dengan Rohani, dan Yesus, pengajaran lagu baru, mini Praise and Worship. Lagu-lagu yang digunakan dalam YFC, asik punya lho! Banyak dari lagu-lagu YFC yang irama & teksnya dahsyat... Beberapa lagu nge-pop, ada yang berirama R&B

Selain Fellowship, Household, dan Youth Camp, YFC masih punya banyak acara-acara lain seperti General Assembly (GA) yang diadakan setiap 2 bulan sekali. Dalam GA, teman-teman dapat bertemu dengan para
YFC se-Jakarta. Terus, karena YFC ini organisasi internasional maka ada juga acara konferensi YFC se-Asia Tenggara, yang pada tahun 2002 kemarin diadakan di Yogyakarta. Terus untuk dalam negeri sendiri, pada bulan Agustus mendatang akan diadakan YFC National Conference. Untuk para pengurus-pengurus YFC sendiri ada yang namanya Leaders Training yang akan melatih kepemimpinan teman-teman.

Untuk kegiatan non-rutin, YFC juga punya yang namanya Sports Festival yang akan melatih kekompakan anggota YFC. Sports Festival terakhir telah diadakan di Hall Bulutangkis Senayan pada tanggal 15 Februari 2004. Kegiatan-kegiatan yang lainnya seperti Covenant, Orientation Party, Mission Exchange, Campus Tour, Club Praise, dan lain-lain.

Di YFC kita akan menemukan tempat dimana orang-orang muda berkumpul untuk bersenang-senang, saling mendukung satu sama lain dan percaya pada Tuhan. Kita semua di YFC percaya bahwa anak muda penuh dengan ide-ide unik dan diberkati Tuhan dengan talenta-talenta; bahwa anak-anak muda membutuhkan sahabat-sahabat dan teladan, dan karena itu harus diberikan kesempatan untuk mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dan hubungan ini dalam lingkungan Kristiani yang sehat.

Untuk info lebih lanjut bisa lihat di situs resmi CFC: www.cfcglobal.org.ph